Minggu, 29 Januari 2012

Jamu Gendong Di Indonesia Capai 50.000

JAKARTA - Bangsa Indonesia harus berbangga dengan kekayaan alamnya terutama tumbuh-tumbuhan yang mengandung obat seperti halnya Brotowali, Jahe, Temu lawak, Beras kencur, kunyit dan kali ini Jamu Jago merupakan sebuah produsen jamu yang sudah terkenal mutu sejak tahu 1918. Jamu terdiri dari bahan-bahan alami tanpa efek samping yang diproses sedemikian rupa untuk perawatan kesehatan dan kecantikan. Bahan-bahan alami tersebut terdiri dari tanaman-tanaman herbal, yaitu daun, biji, buah, bunga, akar, kulit dan rimpang.

Kepulauan Indonesia terbentang di Asia Tenggara dan terdiri lebih dari 13000 pulau-pulau. Demikian yang di katakan Presiden Komisaris Jamu Jago Grup Jaya Suprana kepada MR Online usai membuka  pemilihan Ratu Jamu Gendong Se-Indonesia 2011 di anjungan Jawa Timur Taman Mini Indonesia Indah. Sabtu (10/12/2011).

”Tahun depan akan mempertahankan Rekor Muri dengan pertemuan jamu gendong dengan peserta terbanyak minimal 5000 orang peserta dan peserta yang paling jauh Banyuwangi,tapi di ndonesia seperti di Kalimantan,Sulawesi kebetulan mereka tidak menjadi finalis. Jamu gendong di Indonesia mencapai 50.000 itu angka yang minimal,”kata jaya.

Menurutnya, mereka punya fase tersendiri yang tidak bias di bandingkan dengan Negara lainnya dan mempunyai jalur produknya tertentu saja.”Ternyata  jamu dapat  di olah menjadi ice cream jamu bahan dasarnya beras kencur, saya piker memanfaatkan inovasi,”ujarnya 

Ia mengatakan, bahwa diaspora kebudayaan masyarakat Indonesia tidak sebesar dengan Negara china dan Korea.”jamu itu tangan budaya tergantung pada jaringan (network) dan produk Jamu Jago sudah cukup dikenal luas di Indonesia, bahkan beberapa yang telah diekspor ke luar negeri, seperti Malaysia, Vietnam dan Jepang.”

Produk Jamu Jago sebagian besar berupa jamu baik dalam bentuk serbuk maupun kapsul.  Namun, ada pula produk lain berupa minyak gosok, madu, ramuan kesehatan pria dewasa serta obat masuk angin. Kemudian Jamu Buyung Upik (Jamu anak-anak),Jamu ESHA (Jamu laki-laki),Basmingin Flu (Jamu moderen untuk flue),Basmurat (jamu moderen bentuk cair untuk asam urat),Sayuri (suplemen sayuran bentuk minuman instant)Purwoceng (jamu kusus laki-laki untuk menjunjang energi dan vitalitas),Narwastu Aroma Therapy,”pungkasnya. winarko

sumber metrorealitaonline

0 komentar

Posting Komentar