Minggu, 29 Januari 2012

Kontes Ratu Jamu Gendong di TMII


Pemilihan Ratu Jamu se-Indonesia 2011 yang dilangsungkan di anjungan Jawa Timur, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta (10/12).

SEPULUH peserta finalis yang terpilih dalam pemilihan Ratu Jamu Gendong se-Indonesia 2011 beraksi di atas panggung memperebutkan juara pertama kategori Ratu Jamu Gendong dan Jamu Gendong Teladan di anjungan Jawa Timur, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta (10/12).

Ratu Jamu Gendong yang diadakan oleh Grup Jamu Jago merupakan kontes kecantikan dan talenta yang ditujukan kepada para Jamu Gendong berskala nasional.

Acara ini telah berlangsung sejak empat tahun lalu, dengan tujuan untuk apresiasi dan Pelestarian Penjual jamu seluruh Indonesia,Guna mendukung industri jamu agar semakin berkembang.

Acara yang dimulai dengan pendaftaran, sekaligus audisi yang diadakan di masing – masing daerah, seperti Banyuwangi, Surabaya, Surakarta, Magelang, Semarang, Cirebon, Bandung, Cikampek, Jakarta serta daerah – daerah lainnya ini memiliki salah satu kriteria, yakni mereka harus aktif berjualan jamu keliling.

Dari audisi terpilih 77 peserta yang memenuhi syarat dan mengikuti karantina
Di Taman Mini Indonesia Indah selama tiga hari untuk mengikuti seleksi lebih lanjut. Dalam pemilihan Ratu Jamu Gendong se-Indonesia 2011, ke sepuluh peserta finalis dinilai dewan juri dari penampilan, cara berdandan, cara melayani konsumen, serta pengetahuan dalam membuat bahan jamu.
Terpilih sebagai Ratu Jamu Gendong 2011 Ika Rokaya dari Bekasi,disusul Sumarni (Sukabumi), Hartini (Cikampek),Sri Handayani (Sukoharjo, dan Dwi Kuntari (Purworejo).
Sedangkan Jamu Gendong Teladan 2011 direbut Purwani dari Jakarta,disusul Sri Sumilih (Cirebon), Misnah (Surabaya), Sri Mulyani (Sukoharjo) dan Winarto (Cirebon).Hadiah yang diperebutkan antara lain uang tunai sebesar Rp15 juta bagi juara pertama, Rp10 juta (juara kedua), Rp5 juta (juara ketiga), serta masing-masing Rp2,5 juta bagi juara harapan 1 dan 2.
”Tahun depan, kami akan mempertahankan Rekor Muri dengan pertemuan jamu gendong dengan peserta terbanyak minimal 5000 orang peserta.” jelas Jaya Suprana, usai membuka acara itu.

Minum Jamu dengan Es Krim
DAHULU beras kencur sudah dikenal di masyarakat sebagai jamu yang penuh khasiat. Disamping membuat tubuh menjadi segar, jamu ini juga dapat menghilangkan pegal linu, melancarkan peredaran darah, serta menambah nafsu makan.
Sangat disayangkan jika banyaknya khasiat yang dapat diperoleh dari beras kencur hanya karena alasan tidak suka. Anak-anak yang biasanya enggan untuk mengonsumsi jamu ini, tidak perlu khawatir. Karena cara untuk menyiasati agar anak mau mengkonsumsinya, yakni dengan mengubahnya menjadi sesuatu yang disukainya seperti ice cream yang dibuat oleh peserta kontes, yakni Retno Widati. (pk-26/evi) 

0 komentar

Posting Komentar